28 September 2022   18:12 WIB

Mahasiswa Berbagai Kampus Ikut Kegiatan RDTR Bidang Tata Ruang DPUPR Blora

Mahasiswa Berbagai Kampus Ikut Kegiatan RDTR Bidang Tata Ruang DPUPR Blora

Mahasiswa Berbagai Kampus Ikut Kegiatan RDTR Bidang Tata Ruang DPUPR Blora

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora kedatangan mahasiswa yang tergabung dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch III tahun 2022 dari Lingkungan Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. 

Para mahasiswa diterima langsung oleh Kepala DPUPR Kabupaten Blora Ir. Samgautama Karnajaya., MT didampingi Sekretaris DPUPR Kabupaten Blora Ir Tedi Rindaryo Widodo dan para Mentor program MSIB., Senin (19/9/2022). 

Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya melalui Kepala Bidang Tata Ruang Banar Suharjanto, ST., MT menjelaskan, ada 18 mahasiswa dari berbagai kampus yang akan bersama dalam kegiatan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di DPUPR Kabupaten Blora khususnya di Bidang Tata Ruang.

“Program MSIB ini yang dinamakan Internship in Spatial Planning for Regional and Growth (INSPIRING) Tahun 2022 adalah hasil kolaborasi Kemendikbudristek dalam wadah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Kementerian ATR/BPN. Program MSIB Batch III ini berlangsung dari Bulan Agustus-Desember 2022,” terangnya di Blora Rabu (28/9/2022).

Program MSIB Batch III ini (INSPIRING tahun 2022) bertujuan untuk mendukung percepatan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) khususnya RDTR Kecamatan Blora dan Kecamatan Cepu. Disamping itu, teman-teman mahasiswa juga dilatih untuk persiapan Penyusunan RDTR di Kabupaten Blora yang akan disusun Tahun 2023, yaitu RDTR Perkotaan Kunduran, Ngawen, dan Jepon.

Sebelum ini, yaitu bulan Februari-Juli 2022, DPUPR Kabupaten Blora juga telah menerima delapan mahasiswa dari berbagai kampus yang tergabung dalam program MSIB Batch II. Pada kesempatan ini, teman-teman mahasiswa focus membantu dalam persiapan penyusunan RDTR Kec. Blora dan Kec. Cepu. 

“Program ini juga diharapkan dapat mendukung sistem pembelajaran yang aplikatif dari ilmu yang didapat di bangku perkuliahan bagi mahasiswa peserta magang serta sarana transfer of knowledge,” jelasnya. (TIM DPUPR Blora).


Info