28 Agustus 2022   11:34 WIB

DPUPR Terapkan Sampah Organik Untuk Menghemat Kebutuhan Rumah Tangga

DPUPR Terapkan Sampah Organik Untuk Menghemat Kebutuhan Rumah Tangga

DPUPR Terapkan Sampah Organik Untuk Menghemat Kebutuhan Rumah Tangga

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora mengadakan senam pagi bersama Klub Jantung Sehat Mustika Blora di halaman depan dinas setempat, Minggu (28/8/2022).

Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB itu dipimpin langsung oleh kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya,MT.

"Terimakasih kepada Klub Jantung Sehat Mustika Blora juga teman-teman DPUPR atas partisipasinya bisa melaksanakan senam pagi bersama sekaligus menjalin relasi yang baik" ucapnya.

Pada kesempatan itu dilanjutkan dengan acara pembuatan eco enzyme yang dibuka oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) DPUPR Kabupaten Blora, Pipit Samgautama dengan memeberikan sedikit penjelasan mengenai cara pengelolaan eco enzyme dan manfaatnya.

"Eco Enzyme adalah larutan kompleks hasil fermentasi dari limbah organik seperti limbah buah dan sayuran dengan gula merah atau molase dan air dengan bantuan mikroorganisme selektif dari kelompok jamur dan bakteri selama 3 bulan" jelasnya.

Proses pembuatan eco enzyme didampingi oleh Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Blora, Ir. Tedi Rindaryo Widodo beserta isteri yang juga ikut serta melancarkan acara tersebut.

Klub Jantung Sehat Mustika Blora tampak berantusias mengikuti proses pengeloaan sampah organik tersebut. 

Dengan mengajukan beberapa pertanyaan dari Klub Jantung Sehat mengenai eco enzyme rupanya menjadi juga informasi penting bagi masyarakat khususnya yang memilki sampah organik untuk bisa dikelola dengan baik menjadi sesuatu yang bermanfaat salah satunya untuk mengepel lantai yang tentunya memberikan bau harum pada lantai. (TIM DPUPR)


Info