01 Juni 2022   08:45 WIB

Berpakaian Adat Samin, Pegawai ASN DPUPR Megikuti Upacara Harlah Pancasila 2022 dengan Khidmat

Berpakaian Adat Samin, Pegawai ASN DPUPR Megikuti Upacara Harlah Pancasila 2022 dengan Khidmat

Berpakaian Adat Samin, Pegawai ASN DPUPR Megikuti Upacara Harlah Pancasila 2022 dengan Khidmat

Pegawai Aparatur Sipil Negara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, di aula dinas setempat, Rabu (1/6/2022)

Dengan mengenakan pakaian adat Samin, upacara dikoordinir Sekretaris Dinas PUPR Kab. Blora, Ir. Tedi Rindaryo Widodo mewakili Kepala Dinas PUPR Kab. Blora, Ir. Samgautama Karnajaya,MT dan diikuti dengan khidmat hingga selesai.

Upacara Hari Lahir Pancasila dipimpin Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi ) di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Tiimur (NTT).

Tahun ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2022 tentang pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. Peringatan Hari Pancasila tahun ini mengangkat tema besar ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’.

Ende dipilih sebagai lokasi pertama pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di luar Ibu Kota Jakarta karena memiliki sejarah panjang terumuskannya Pancasila.
 
Karena, di Kabupaten Ende inilah, Bung Karno merenungkan dan mengabstraksikan pikiran yang telah diperjuangkan hingga melahirkan rumusan sila-sila dalam Pancasila dan butir-butirnya.

Sejarah lahirnya Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Tanggal ini diambil dari pidato pertama Ir Sukarno saat memberi gagasan dasar negara pada rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) 1 Juni 1945.

Lahirnya Pancasila sendiri berawal dari kekalahan Jepang pada Perang Asia Timur Raya. Mendapati kekalahan, Jepang berusaha menarik hati dan simpati masyarakat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan, serta membentuk lembaga yang mengurusi kemerdekaan sambil menunggu situasi membaik.

Sesuai dengan tema tahun ini "Bangkit bersama membangun peradaban dunia" menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) DPUPR untuk tetap terus bangkit menciptakan adab yang baik.

"Alhamdulilah, ASN DPUPR Blora mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual, dengan khidmat hingga selesai," kata Sekretaris DPUPR Blora. (Tim DPUPR).


Info