25 Mei 2022   06:52 WIB

Gali Pengetahuan Penyusunan RDTR, Bidang Tata Ruang DPUPR Kab. Blora Kunjungi DPUTR Kab. Rembang

Gali Pengetahuan Penyusunan RDTR, Bidang Tata Ruang DPUPR Kab. Blora Kunjungi DPUTR Kab. Rembang

Gali Pengetahuan Penyusunan RDTR, Bidang Tata Ruang DPUPR Kab. Blora Kunjungi DPUTR Kab. Rembang

Blora -  Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora melakukan kunjungan kerja ke Bidang Tata Ruang DPUTR Kabupaten Rembang, Selasa (24/5/2022).

Kepala DPUPR Kabupaten Blora Ir. Samgautama Karnajaya,MT., melalui Kepala Bidang Tata Ruang Banar Suharjanto,ST., MT., menjelaskan tujuan utama kunjungan adalah menggali pengetahuan tentang penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Kabid Tata Ruang DPUTR Kabupaten Rembang, Moh Nur Aziz, SE,MT,M.Eng, mengungkapkan
bahwa Kabupaten Rembang telah menyusun RDTR yang dilakukan secara swakelola.

Hal itu dilakukan karena dirasakan bahwa penyusunan secara swakelola yang dilakukan oleh personel-personel bidang Tata Ruang DPUTR Rembang akan lebih mampu mengolah data dan melakukan analisa secara lebih mendalam dibanding jika dilakukan oleh konsultan.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kabid Tata Ruang DPUTR Kab. Rembang, hal itu berani dilakukan karena mereka memiliki personel yang dirasa mampu melaksanakan penyusunan RDTR secara swakelola.

Menurut Moh Nur Aziz, SE,MT,M.Eng di bidang Tata Ruang DPUTR Kab. Rembang terdapat 5 personel ASN yang memiliki latar belakang planologi serta terdapat 12 mahasiswa program Inspiring dari Kementerian ATR BPN yang magang di sana.

Dijelaskan, tersedianya RDTR yang terintegrasi ke OSS sangat mempercepat proses perizinan terutama penerbitan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR).

"Jika belum memiliki RDTR yang terintegrasi OSS maka pengkajian permohonan KKPR memiliki jangka waktu 20 hari sedangkan jika telah memiliki RDTR yang terintegrasi OSS maka KKPR bisa terbit maksimal satu hari setelah persyaratan dilengkapi," jelasnya.

Kabid Tata Ruang DPUPR Blora Banar Suharjanto,ST., MT menjelaskan, Tahun 2022 ini DPUPR Kabupaten Blora sedang menyusun RDTR Kecamatan Blora dan Cepu.

"Dari kunjungan  ke Rembang diperoleh informasi tentang hal-hal apa saja yang bisa mempercepat dan memperdalam penyusunan RDTR," terangnya.

Diharapkan pada akhir tahun 2022 ini telah tersusun raperkada RDTR untuk selanjutnya dapat dilanjutkan ke proses penyusunan perkada RDTR.

"Diharapkan tahun 2023 RDTR Kecamatan Blora dan Cepu sudah terintegrasi ke OSS," harapnya. (Tim DPUPR Blora).


Info