24 Mei 2022   14:48 WIB

Bidang SDA DPUPR Blora Mulai Giatkan Pemeliharaan Berkala Jaringan Irigasi Kewenangan Pemkab Blora

Bidang SDA DPUPR Blora Mulai Giatkan Pemeliharaan Berkala Jaringan Irigasi Kewenangan Pemkab Blora

Bidang SDA DPUPR Blora Mulai Giatkan Pemeliharaan Berkala Jaringan Irigasi Kewenangan Pemkab Blora

Blora - Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora mulai menggiatkan pelaksanaan pemeliharaan berkala jaringan irigasi yang menjadi kewenangan dari Pemkab Blora.  
Kepala Dinas PUPR Ir. Samgautama Karnajaya., MT melalui Kepala Bidang SDA, Surat, ST., MT mengatakan giat pemeliharaan berkala jaringan irigasi ini dilakukan oleh gabungan petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP).
“Saat ini kami mulai pemeliharaan berkala jaringan irigasi DI Gabus untuk selanjutnya nanti ke wilayah DI lain sesuai dengan anggaran yang tersedia. Dengan ketersediaan anggaran yang terbatas maka kami prioritaskan di lokasi DI yang mengalami kerusakan sedang dan berat yang harus segera ditangani sesuai dengan urutan prioritas yang sudah kami kaji dan rencanakan. Pemeliharaan dilakukan dengan melakukan penambalan lapisan dinding saluran yang berlubang dan rusak ringan sampai sedang,” kata Kabid SDA Dinas PUPR, Surat, Selasa (24/5/2022).
Dikatakan lebih lanjut, pemeliharaan jaringan irigasi adalah upaya menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertahankan kelestariannya melalui kegiatan perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengaman yang harus dilakukan secara terus menerus (PP No. 20/2006)
“Pemeliharaan berkala yaitu kegiatan perawatan dan perbaikan yang dilaksanakan secara berkala yang direncanakan dan dilaksanakan,” jelasnya.
Adapun pemeliharaan berkala meliputi, pembuangan lumpur di bangunan dan saluran. Pengecatan pintu. Perbaikan Bendung. Bangunan Pengambilan dan Bangunan Pengatur. Perbaikan Bangunan Ukur dan kelengkapannya.
Kemudian, pemeliharaan jalan inspeksi dan jalan usaha tani. Perbaikan saluran, pintu air. Perbaikan fasilitas pendukung seperti kantor, rumah dinas, rumah PPA dan PPB, kendaraan dan peralatan. Penggantian pintu, alat ukur dan lainnya.
“Pelaksanaan pemeliharaan berkala dilaksanakan secara periodik sesuai kondisi Jaringan Irigasinya. Setiap jenis kegiatan pemeliharaan berkala dapat berbeda-beda periodenya, misalnya setiap tahun, 2 tahun, 3 tahun dan pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal musim tanam serta waktu pengeringan,” terang Surat.
Kegiatan tersebut, tambahnya, ikut mendukung menyukseskan program pembangunan Kabupaten Blora sesuai dengan visi dan misi Bupati Blora yaitu Sesarengan Mbangun Blora, Unggul dan Berdaya Saing melalui tagline "Dalane dadi Alus, Banyune Mili terus". (Tim DPUPR Blora).


Info