30 April 2022   18:48 WIB

Jelang Idulfitri 1443 Hijriah, Kebersihan Embung Tambakromo dan Kunduran Digiatkan

Jelang Idulfitri 1443 Hijriah, Kebersihan Embung Tambakromo dan Kunduran Digiatkan

Jelang Idulfitri 1443 Hijriah, Kebersihan Embung Tambakromo dan Kunduran Digiatkan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) menggiatkan kebersihan embung yang ditumbuhi tanaman liar, Sabtu (30/4/2022).

Kegiatan yang dilakukan menyambut Idulfitri 1443 Hijriah itu bertujuan menjaga kebersihan dan pemeliharaan infrastruktur embung supaya dapat tetap terjaga dengan baik untuk menunjang warga masyarakat yang akan berkunjung dan berwisata di infrastruktur embung yang ada di Kab.Blora.

Kepala Dinas PUPR Kab Blora Ir. Samgautama Karnajaya, MT., mengatakan bahwa mulai tahun ini memang mengupayakan agar kegiatan pemeliharaan dan menjaga kebersihan embung dapat dilaksanakan dengan baik sehingga tetap terawat dengan baik pula.

"Kami tidak hanya bisa membangun saja tetapi kami menyadari bahwa perawatan dan pemeliharaan setelah pembangunan memiliki peran yang sangat penting agar infrastruktur embung yang ada tetap terjaga,terpelihara dan berfungsi dengan baik untuk menunjang irigasi, ketersediaan air baku dan pariwisata," ungkapnya.

"Apalagi, sebentar lagi Idulfitri 1443 Hijriah akan tiba sehingga kami coba memberikan layanan kepada masyarakat apabila akan mengunjungi embung terasa aman, nyaman dan bersih untuk sekedar berwisata atau jalan-jalan melepas lelah," tambahnya.

Sementara itu Kabid SDA, Surat, ST., MT., mengatakan, menjelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah yang sebentar lagi tiba, bersama petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) mengupayakan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan melakukan pemeliharaan rutin pada infrastruktur embung-embung agar tetap terawat dan bersih sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada warga masyarakat yang akan berkunjung.

"Hari ini Sabtu (30/4/2022) kami lakukan giat bersih area embung Tambakromo Kecamatan Cepu dan Embung Kunduran bersama jajaran para petugas OP kami," terang Surat.

"Kegiatan ini akan kami lakukan secara rutin dan berkala untuk memastikan embung kami tetap terpelihara dan terjaga dengan baik dan bersih, mengingat di kedua embung tersebut, sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berwisata dan memancing," sambungnya.

Pihaknya berharap, dengan terpeliharanya embung yang baik dapat menunjang infrastruktur embung tetap terjaga dengan baik dan memberikan kenyamanan pada masyarakat untuk dapat menikmati pemandangan wisata embung dengan aman dan nyaman.

Sejumlah waduk dan embung di Kabupaten Blora yang dapat di kunjungi untuk wisata lokal dengan pemandangan dan pemancingan antara lain,

1. Waduk Randugunting Desa Kalinanas Kec. Blora.

2. Waduk Greneng Desa Tunjungan Kec. Tunjungan.

3. Waduk Tempuran Desa Tempuran Kec. Blora.

4. Embung Rowo Kel. Karangjati Kec. Blora.

5. Embung Kedungsambi Desa Klopoduwur Kec. Banjarejo.

6. Embung Plered Desa Purworejo Kec. Blora.

7. Embung Guyangwarak Desa Jurangjero Kec. Bogorejo.

8.Embung Jurangjero Desa Sidomulyo Kec. Banjarejo.

9. Embung Tambakromo Kel.Tambakromo Kec. Cepu.

10. Embung Kunduran Kel. Kunduran Kec. Kunduran.

11. Embung Bentolo Desa Tinapan Kec. Todanan.

12. Embung Kajengan Desa Kajengan Kec. Todanan.

13. Embung Sumurboto Desa Sumurboto Kec. Jepon.

14. Embung Guolandak Desa Karang Kec. Bogorejo.

15. Embung Tempellemahbang Desa Tempellemahbang Kec. Jepon.

16. Embung Celengan Desa Sendangmulyo Kec. Ngawen.

17.Embung Bruk Desa Sambongrejo Kec. Ngawen.

18. Embung Bogem Desa Bogem Kec. Japah.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat supaya tetap mematuhi peringatan yang sudah dipasang di sekitar embung.

Dan yang tidak kalah penting adalah mematuhi protokol kesehatan COVID-19. (Tim DPUPR Blora).


Info