11 April 2022   10:30 WIB

Gunakan Herbisida Jenis Roundup Untuk Basmi Rumput yang Tumbuh Subur di Bahu Jalan

Gunakan Herbisida Jenis Roundup Untuk Basmi Rumput yang Tumbuh Subur di Bahu Jalan

Gunakan Herbisida Jenis Roundup Untuk Basmi Rumput yang Tumbuh Subur di Bahu Jalan

Petugas UPTD Pengelolaan Jalan Jembatan dan Irigasi (PJJI) Wilayah III Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora terpaksa menggunakan herbisida jenis Roundup untuk membasmi rumput dan gulma yang tumbuh subur di sejumlah ruas dan bahu jalan Kunduran-Todanan.

Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya, MT melalui Kepala UPTD PJJI DPUPR Wilayah III, Supyan, SE., menjelaskan kalau tidak menggunakan herbisida jenis Roundup, maka rumput atau gulma tidak bisa mati, tetapi ketika disemprotkan herbisida jenis Roundup rumputnya cepat kering.   

“Jadi mohon maaf sebelumnya, kalau tidak menggunakan herbisida jenis Roundup, maka rumput atau gulma tidak bisa mati, tetapi ketika disemprotkan herbisida jenis Roundup rumputnya cepat kering. Herbisida ini, saya nilai masih ramah lingkungan,” kata Supyan, SE, di Blora, Senin (11/4/2022).

Dirinya menambahkan, kegiatan rutin bersih bahu jalan dan penyemprotan rumput pada bulan Ramafan 1443 Hijriah dilaksanakan di ruas dan bahu  jalan Kunduran – Todanan atau tepatnya di Desa Sendangwates, Kecamatann Kunduran, sebagai sasaran lanjutan.   

Tidak hanya itu, jalan yang tergenangi air juga dialirkan supaya tidak mengganggu pengguna jalan.  
“Kita imbau agar hati-hati saat berkendara. Perhatikan kondisi jalan. Jangan sampai terjadi kecelakaan,” imbau Supyan.

Sementara itu pemotongan dan pembersihan rumput juga masih menjadi rutinitas petugas UPTD Pengelolaan Jalan Jembatan dan Irigasi (PJJI) DPUPR Wilayah I selama Ramadan 1443 Hijriah.

Hal itu dibenarkan Kepala UPTD Pengelolaan Jalan Jembatan dan Irigasi (PJJI) DPUPR Wilayah I, Karwi, S.Sos.

“Baik, meski puasa aktivitas bersih-bersih tetap dilaksanakan,” katab Karwi. (Tim DPUPR).


Info