06 April 2022   04:50 WIB

Warga Mengeluh Pintu Penguras Bendung Singonegoro Rusak, DPUPR Bergerak Cepat untuk Memperbaiki

Warga Mengeluh Pintu Penguras Bendung Singonegoro Rusak, DPUPR Bergerak Cepat untuk Memperbaiki

Warga Mengeluh Pintu Penguras Bendung Singonegoro Rusak, DPUPR Bergerak Cepat untuk Memperbaiki

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora  melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) bergerak cepat menindaklanjuti keluhan masyarakat petani desa Singonegoro Kecamatan Jiken.


Hal itu terkait kerusakan pintu penguras Bendung Singonegoro yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dioperasikan untuk pembagian air irigasi secara optimal di wilayah daerah irigasi Singonegoro dan sekitarnya. 


Keluhan masyarakat petani disampaikan kepada subkoordinator Operasinal dan Pemeliharaan (OP) Irigasi dan kerja sama bidang SDA DPUPR Kab Blora, baru-baru ini.


Menindaklanjuti keluhan dan aspirasi dari masyarakat petani tersebut, Kepala Dinas PUPR Kab.Blora Ir. Samgautama Karnajaya,MT., segera menugaskan Kepala Bidang SDA DPUPR agar segera menerjunkan stafnya untuk mengecek kondisi kerusakan pintu penguras bendung Singonegoro guna pengambilan data untuk rencana perbaikannya.

"Setelah kami mendapatkan laporan keluhan dari Ketua P3A DI. Singonegoro terkait dengan kerusakan pintu penguras Bendung Singonegoro segera kami tugaskan Kabid SDA dan jajaran stafnya untuk segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna perbaikan pintu penguras bendung yang rusak dapat secepatnya diperbaiki guna mendukung operasional pembagian air irigasi bisa normal kembali," ungkap Kadinas PUPR Kab. Blora Ir.Samgautama Karnajaya,MT., Senin (4/4/2022).


Kabid SDA, Surat, S., MT., menyatakan bahwa pihaknya memang mendapat perintah langsung dari Kadinas untuk segera menindaklanjuti keluhan dan laporan dari masyarakat petani desa Singonegoro.


"Alhamdulilah mulai hari Senin  (4/4/2022) kemarin kami sudah menugaskan tim dan staf kami untuk mulai melakukan perbaikan pintu penguras bendung Singonegoro tersebut," jelasnya.


"Pada hari Selasa (5/4/2022) kami lakukan inspeksi langsung ke lapangan untuk memantau jalannya perbaikan pintu tersebut. Hari ini jalannya pekerjaan perbaikan pintu penguras bendung belum bisa berjalan optimal karena ada kendala posisi pintu air terendam air sedalam kurang lebih 6 meter sehingga belum bisa diangkat keatas guna perbaikannya," terangnya.


Menyikapi hal itu, pihaknya berkoordinasi dengan Kades, Ketua P3A dan perwakilan masyarakat petani setempat untuk berkoordinasi dan berdiskusi bersama mengatasi permasalahan tersebut. 

Hingga akhirnya bersama Kades dan Ketua P3A serta perwakilan masyarakat petani setempat bersepakat untuk berkolaborasi memperbaiki pintu penguras bendung secara bersama-sama.

"Perbaikan pintu menjadi tugas dari DPUPR Blora Bidang SDA, masyarakat membantu ikut menguras air bendung sehingga perbaikan pintu dapat segera dikerjakan dengan cepat," tegasnya.

Harapannya, tambah Surat, pekerjaan perbaikan pintu penguras ini dapat diselesaikan secepatnya dan pintu air bendung dapat difungsikan kembali dengan baik dan optimal dalam pengaturan pembagian air irigasi di Daerah Irigasi Singonegoro dan sekitarnya.

Dengan demikian distribusi air irigasi bisa berjalan normal dan lancar  kembali untuk mendukung musim tanam kedua ini nantinya bisa berhasil dengan baik, peningkatkan produktifitas hasil pertanian tercapai untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan Kolaborasi dan sinergitas bersama yang baik antara Pemkab Blora melalui DPUPR dan Pemerintah Desa Singonegoro melalui Kepala Desa dan P3A serta masyarakat petani setempat dalam mendukung perbaikan infrastruktur sumber daya air ini merupakan peran serta nyata dalam mendukung dan melaksanakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blora saat ini yaitu "Sesarengan Mbangun Blora Unggul dan Berdaya saing" dengan tagline " Dalane dadi Alus, Banyune lancar terus". (Tim DPUPR Blora).


Info