31 Maret 2022   20:56 WIB

Bidang Bangunan Gedung DPUPR Blora Menyelenggarakan Konsultasi Teknis PBG

Bidang Bangunan Gedung DPUPR Blora Menyelenggarakan Konsultasi Teknis PBG

Bidang Bangunan Gedung DPUPR Blora Menyelenggarakan Konsultasi Teknis PBG

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora melalui Bidang Bangunan Gedung menyelenggarakan konsultasi teknis terhadap permohonan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) (dulu disebut IMB (Izin Mendirikan Bangunan)) dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan (SLF).
Konsultasi teknis dilaksanakan di Ruang Rapat Bidang Bangunan Gedung Jalan Nusantara Nomor 62 Blora, Kamis (31/3/2022).
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT, melalui Kepala Bidang Bangunan Gedung, Margo Yuwono, ST, MM, menjelaskan konsultasi teknis ini diselenggarakan sebagai tindaklanjut apabila dokumen pengajuan dari pemohon melalui http://simbg.pu.go.id telah diverifikasi lengkap. 
Pemohon yang berkas pengajuannya dinyatakan lengkap memaparkan perencanaan arsitektur, detail struktur, perencanaan sistem instalasi listrik, instalasi air bersih dan air kotor di hadapan Tim Profesi Ahli (TPA) yang terdiri dari Arsitek, Ahli Struktur, Ahli Mekanikal Electrikal, dan Akademisi. 
Selanjutnya, TPA memberikan masukan apabila ada desain perencanaan yang perlu disempurnakan. 
"Pada konsultasi teknis ini, sebanyak 34 pemohon diundang untuk melakukan konsultasi teknis dengan TPA. Terdapat 31 pemohon yang berkas permohonannya direkomendasikan untuk diterbitkan PBG, satu pemohon direkomendasikan untuk diterbitkan SLF," terangnya.
Sedangkan dua pemohon diminta untuk memperbaiki dokumen  pengajuan dan diberi kesempatan untuk konsultasi pada kesempatan selanjutnya.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT, melalui Kepala Bidang Bangunan Gedung, Margo Yuwono, ST, MM, mengajak masyarakat untuk mengurus persetujuan bangunan gedung agar proses pembangunan baik itu rumah hunian, tempat usaha, tower telekomunikasi, SPBU 3 kiloliter serta bangunan dan prasarana bangunan lain mendapat izin pembangunan. 
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blora membuka pelayanan konsultasi di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Blora dan pada Bidang Bangunan Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blora bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait Persetujuan Bangunan Gedung serta membantu masyarakat yang ingin mengurus PBG maupun SLF. (Tim DPUPR Blora).


Info