31 Maret 2022   16:11 WIB

Pembahasan Kesepakatan Luasan Kavling Minimum Bagi Perumahan di Kab. Blora

Pembahasan Kesepakatan Luasan Kavling Minimum Bagi Perumahan di Kab. Blora

Pembahasan Kesepakatan Luasan Kavling Minimum Bagi Perumahan di Kab. Blora

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melalui Bidang Tata Ruang menyelenggarakan rapat pembahasan kesepakatan luasan kavling minimum bagi perumahan di Kabupaten Blora, Kamis (31/3/2022). 
 
Rapat dihadiri oleh Kantor Pertanahan BPN Kabupaten Blora, Dinrumkimhub Kab. Blora serta sejumlah mahasiswa magang program Inspiring Kementerian ATR/BPN yang ditempatkan di Kab Blora untuk belajar dan terlibat dalam proses penyusunan RDTR. 
 
Kepala DPUPR Kab. Blora Ir. Samgautama Karnajaya, MT., melalui Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR Blora, Banar Suharjanto, ST., MT, menjelaskan, kegiatan pembahasan kesepakatan luasan kavling minimum tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan persyaratan bagi penyusunan RDTR Blora dan Cepu yang penyusunannya dilaksanakan tahun 2022 ini.

"Kesepakatan tersebut dibutuhkan untuk menentukan peraturan zonasi di tiap wilayah perencanaan masing-masing RDTR," ucap Banar. 

Sebagai contoh, menurut Banar, di suatu area dengan kepadatan perumahan tinggi yaitu 100-1000 rumah per hektar disepakati bahwa penyediaan kavling perumahan minimal adalah 60m2.
 
"Hal ini bertujuan untuk mencegah terciptanya permukiman kumuh," katanya.
 
Namun, dalam rapat belum disepakati berapa luasan kavling minimum untuk kawasan berkepadatan sedang maupun rendah.
 
"Terkait hal tersebut akan dilaksanakan rapat lanjutan setelah masing-masing peserta rapat yang hadir membahas hal tersebut secara internal," jelasnya.(Tim DPUPR).


Info