22 Maret 2022   12:57 WIB

Sebanyak 36 Desa di Blora Akan Mendapatkan P3-TGAI Tahap I TA 2022

Sebanyak 36 Desa di Blora Akan Mendapatkan P3-TGAI Tahap I TA 2022

Sebanyak 36 Desa di Blora Akan Mendapatkan P3-TGAI Tahap I TA 2022

Sebanyak 36 Desa di Kabupaten Blora akan mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahap I Tahun Anggaran 2022.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora Ir. Samgautama Karnajaya, ST., MT., melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Surat, ST., MT.
“Sebanyak 36 lokasi itu menyebar di Kecamatan Todanan, Ngawen, Japah, Tunjungan, Blora, Banjarejo dan Jepon. Masing-masing sekitar kurang lebih Rp195 juta per lokasi,” jelas Kabid SDA DPUPR Blora, Surat, ST., MT., Selasa (22/3/2022).
Pemkab Blora melalui DPUPR Kab. Blora, jelas Surat, akan melaksanakan sosialisasi pelaksanaan P3-TGAI di tingkat Kabupaten.
"Untuk lokasi desa yang mendapatkan kegiatan ini nanti akan kami undang kembali untuk mengikuti sosialisasi di tingkat Kabupaten guna persiapan pelaksanaan program P3-TGAI di Kabupaten Blora supaya dapat berjalan dengan tertib, lancar dan kondusif," jelas Surat,ST., MT.  
Seperti disampaikan sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) telah mengikuti sosialisasi Pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahap I Tahun Anggaran 2022.
Sosialisasi diselenggarakan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana melalui bidang OPSDA, di Ruang Aula Gedung B BBWS Pemali Juana Semarang, Kamis (17/3/2022).
Selain DPUPR Kabupaten Blora, sosialisasi tingkat Pusat/Balai juga diikuti sejumlah kabupaten lainnya, di antaranya Kab Grobogan dan Kendal serta beberapa Kepala Desa.
Kegiatan dibuka oleh Kepala BBWS Pemali Juana, Muhammad Adek Rizaldi,ST.,M.Tech.,didampingi oleh Jajaran Konsultan Manajemen Balai (KMB).
Kepala BBWS Pemali Juana, Muhammad Adek Rizaldi, ST, M.Tech., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-TGAI) adalah program padat karya tunai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN untuk mendukung salah satu agenda prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2025.

Yaitu, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Pelaksanaan P3-TGAI dilaksanakan secara swakelola oleh P3A/GP3A/IP3A.

"Di masa pandemi Covid-19 seperti ini yang masih berlangsung, kita sangat mengetahui penurunan kebutuhan ekonomi, sehingga dilakukan pekerjaan P3TGAI untuk mendongkrak kontribusi pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Selain itu, kata Muhammad Adek Rizaldi, ST, M.Tech.,kegiatan ini mempunyai dua tujuan yaitu  untuk meningkatkan kinerja irigasi yang menjadi kewenangan kab/kota dan desa.

Kemudian, untuk kesejahteraan dan perekonomian petani sekitar, sekaligus memberi kontribusi terhadap ketahanan pangan.

"Tujuan berikutnya dari adanya kegiatan in,i yaitu untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan maupun peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat," terangnya.

Penerima program P3TGAI di tahun 2022 ada sekitar 800 lokasi menyebar di 14 Kabupaten di wilayah kewenangan BBWS Pemali Juana, dimana tahun ini mengalami jumlah peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar 600 lokasi. (Tim DPUPR)


Info