18 Maret 2022   09:20 WIB

DPUPR Siapkan 15 Titik Ruas Jalan yang Akan Dibangun dengan Pembiayaan Hutang Daerah

DPUPR Siapkan 15 Titik Ruas Jalan yang Akan Dibangun dengan Pembiayaan Hutang Daerah

DPUPR Siapkan 15 Titik Ruas Jalan yang Akan Dibangun dengan Pembiayaan Hutang Daerah

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora telah menyiapkan 15 titik ruas jalan yang akan dibangun dengan pembiayaan hutang daerah.
Hal itu disampaikan Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya,MT, Kamis, (17/3/2022).
Kini, pihaknya tinggal menunggu penandatanganan naskah kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Blora, dalam hal ini Bupati Blora dengan pihak perbankan.
"Kami sudah siapkan, titik - titik ruas jalan itu, ada 15 ruas jalan yang menjadi target pembiayaan dari pinjaman daerah, tinggal nunggu perintah Pak Bupati, selaku Kepala Daerah, semoga segera bisa terlaksana," ujarnya.
Sementara itu,terkait pembiayaan dari anggaran lain, baik dari Pusat, Provinsi maupun Pemkab Blora sendiri, Kadinas PUPR merinci ada tambahan sekitar kurang lebih Rp.50 miliar.
Rinciannya adalah Rp.15 Miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK), selanjutnya dari Anggaran Propinsi sebesar Rp.15 miliar dan APBD Blora sekitar Rp.18 miliar.
"Totalnya sekitar Rp. 200 miliar, untuk peningkatan jalan Blora, kalau yang dari utang daerah itu nanti semua adalah rigit beton, dengan estimasi biaya sekitar Rp.5 miliar per kilometernya. Jika pinjaman daerah Rp.150 miliar, kita hanya bisa membangun sepanjang 30 kilometer," paparnya.
Berdasarkan data yang disampaikan Dinas PUPR Blora, empat ruas jalan mendapat anggaran terbesar, yaitu peningkatan jalan Kamolan -  Klopoduwur - Ngliron sebesar Rp.16,5 miliar, kemudian dilanjutkan peningkatan jalan Ngliron-Kalisari-Wulung, yang menelan biaya Rp.15,5 miliar, keduanya adalah ruas jalan Blora - Randublatung.
Berikutnya masing - masing mendapatkan anggaran sebesar Rp.15,750 miliar yaitu peningkatan jalan Pakis - Pelem - Kamolan di Kecamatan Blora Kota, kemudian peningkatan jalan Peting - Sumber - Balong - Menden, atau ruas jalan Randu - Kradenan.
Sementara itu untuk ruas jalan Wulung - Klatak juga menjadi prioritas untuk ditingkatkan dengan anggaran sebesar Rp16 miliar. (TIM DPUPR)


Info