08 Maret 2022   14:50 WIB

Terkait Banjir di Jiken, Kepala DPUPR Blora Bergerak Cepat Tindaklanjuti Laporan Masyarakat

Terkait Banjir di Jiken, Kepala DPUPR Blora Bergerak Cepat Tindaklanjuti Laporan Masyarakat

Terkait Banjir di Jiken, Kepala DPUPR Blora Bergerak Cepat Tindaklanjuti Laporan Masyarakat

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT., bergerak cepat menindaklanjuti laporan masyarakat terkait banjir yang melanda di wilayah Kecamatan Jiken pada Senin (7/3/2022) sore.  
Didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR, Surat, ST., MT.,  dan sejumlah warga Jiken, Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya, M.T meninjau lokasi kejadian banjir.
“Kami melakukan peninjauan dan pemantauan di lokasi banjir Jiken, dengan demikian bisa kami ketahui hal apa yang menjadi permasalahan dan kedepan bisa melakukan perencanaan serta penanganan sehingga tidak terjadi lagi kejadian serupa,” ucapnya di Blora, Senin sore (8/3/2022).

Sementara itu Kabid SDA DPUPR Wilayah I, Surat,ST., MT., menambahkan banjir yang terjadi di wilayah Jiken pada hari Selasa sore kemarin (07/03/2022) disinyalir termasuk kejadian banjir kala ulang 10 tahunan, karena kejadian serupa pernah terjadi sekitar 10 tahun yang lalu yang diakibatkan oleh intesitas curah hujan yang cukup deras.
“Kami mensinyalir itu adalah banjir yang terjadi kala ulang 10 tahunan akibat cuaca atau intensitas curah hujan yang cukup deras. Namun demikian menurut petugas OP kami dilapangan menjelaskan bahwa kejadian banjir itu pun tidak berlangsung lama dan cepat surut.

Oleh karena itu masyarakat tetap diminta tetap waspada dan tetap tenang dalam menghadapi terjadinya bencana dan situasi perubahan cuaca yang akhir akhir ini sangat cepat perubahannya,” jelasnya.

Sejatinya, kata Surat, di wilayah setempat sudah ada embung yang kondisi existingnya masih embung konvensional masih berupa bentuk kolam tanah (Blumbang), embung inilah nantinya kedepan perlu dilakukan penataan dan pembangunan lagi agar menjadi konstruksi embung yang memadai sebagai tampungan pengendali banjir. Saat musim penghujan embung ini nanti bisa digunakan untuk menampung kelebihan air saat banjir, saat musim kemarau dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanian dan air baku bagi masyarakat.
“Setelah melakukan peninjauan, kami akan usulkan kegiatan pembangunan embung Jiken ini masuk dalam program prioritas usulan Musrenbangwil Provinsi Jawa Tengah 2022 sebagai dasar untuk dapat kami usulkan pembangunannya di tahun 2023 melalui dana Bankeu Prov Jateng kepada Kab. Blora di tahun anggaran 2023, dengan demikian kami berharap usulan pembangunan Embungnya nanti dapat disetujui oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan semoga dapat terealisasi di Tahun 2023 mendatang, dengan terbangunya konstruksi embung yang memadai dapat meminimalisasi potensi terjadinya banjir di wilayah desa Jiken Kec. Jiken ” jelasnya. (TIM DPUPR).


Info