08 Maret 2022   07:41 WIB

Bidang SDA DPUPR Giatkan Penelusuran Kerusakan Jaringan Irigasi Kewenangan Kab. Blora

Bidang SDA DPUPR Giatkan Penelusuran Kerusakan Jaringan Irigasi Kewenangan Kab. Blora

Bidang SDA DPUPR Giatkan Penelusuran Kerusakan Jaringan Irigasi Kewenangan Kab. Blora

Bidang Sumber Daya Air (SDA) Wilayah I Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (DPUPR) menggiatkan penelusuran kerusakan jaringan irigasi yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora.

Kepala DPUPR Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, M.T melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air Wilayah I, Surat, ST., MT., menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka melakukan pendataan kerusakan jaringan irigasi Kewenangan Kab.Blora sebagai bahan data guna penyusunan perencanaan dan penanganan kerusakan jaringan irigasi melalui kegiatan Operasi Pemeliharaan, Rehabilitasi maupun Peningkatan Jaringan Irigasi.

“Pelaksanaan penelusuran tersebut juga kami koordinasikan langsung dengan pemerintah desa dan para petugas OP masing- masing wilayah dengan harapan data kerusakan yang didapatkan benar-benar riil sesuai dengan kondisi lapangan sehingga penyusunan rencana penanganan kerusakan tersebut nantinya benar-benar tepat sasaran sesuai yang dibutuhkan oleh masyarakat petani untuk perbaikan jaringan irigasinya,” jelasnya, Selasa (8/3/2022).

Dengan demikian, lanjutnya, penanganan kerusakan dapat dilakukan seoptimal mungkin untuk mewujudkan kondisi infrastruktur jaringan irigasi yang handal dan mantap dalam rangka memberikan layanan air irigasi yang memadai untuk areal daerah irigasi terpenuhi sesuai dengan rencana pola tanam yang sudah di rencanakan.

“Harapannya keberlangsungan masing-masing daerah irigasi dapat tetap dikelola dengan baik untuk peningkatan produktifitas hasil pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Blora,” harapnya.

Adapun penelusuran kerusakan jaringan irigasi yang dilakukan meliputi Kec. Todanan, DI. Jembangan, DI. Dringo, DI. Kelir, DI. Ngrandu, DI. Sambeng, DI. Pesantren, DI. Kajengan

Kemudian Kec. Kunduran, DI. Kaliwedi, DI. Rondokuning, Kec. Cepu, DI. Cabean. Kec. Jiken, DI. Bleboh, DI. Nglebur, DI. Singonegoro. Kec. Ngawen, DI. Waduk Bruk. Kec. Japah, DI. Bogem

Berikutnya, Kec. Blora, DI. Gabus, DI. Lego, DI. Glempo. Kec. Jepon, DI. Watumalang, DI. Kidangan dan DI. Karanganyar. (Tim DPUPR).


Info