07 Maret 2022   09:18 WIB

Pra Survei Rencana Pembangunan Embung di Desa Gedangdowo dan Jati

Pra Survei Rencana Pembangunan Embung di Desa Gedangdowo dan Jati

Pra Survei Rencana Pembangunan Embung di Desa Gedangdowo dan Jati

Blora -  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora akan membangun dua embung di tahun 2022. Pembangunan tersebut berada di Kecamatan Jepon dan Kecamatan Jati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Ir. Samgautama Karnajaya, M.T melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air Wilayah I, Surat, ST., MT., menjelaskan saat ini masih dalam tahap penyusunan Rencana Kerja Operasional (RKO) untuk mendapatkan persetujuan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah, sehingga nanti akan bisa dilaksanakan pengadaan barang dan jasa.
“Kami sudah melaksanakan pra survei atau tinjauan lapangan antara DPUPR dengan Pemerintah Desa setempat untuk menentukan lokasi,” jelas Surat, Senin (7/3/2022).
Dikatakannya, rencananya pembangunan embung akan dilaksanakan di Desa Gedangdowo, Kecamatan Jepon dan di Desa Jati, Kecamatan Jati.
“Rencana penyusunan DED Maret - Mei 2022, Proses pengadaan Juni-Juli 2022, Rencana pelaksanaan konstruksi Agustus - Desember 2022. Dengan sumber anggaran dari Bankeu APBD Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan alokasi anggaran sekitar Rp750 juta untuk embung Gedangdowo, dan Rp2 miliar untuk embung Jati,” paparnya.
Surat berharap pembangunan embung  nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
“Harapan kami, dengan tersedianya pembangunan embung di kedua wilayah tersebut dapat mengurangi dampak kekeringan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kedua embung tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan air baku, air irigasi, kegiatan perikanan serta dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata lokal, sehingga nantinya bisa menggerakkan perekonomian lokal dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. (TIM DPUPR Blora).

 


Info