02 Maret 2022   08:08 WIB

Tim Reaksi Cepat DPUPR Blora Dikerahkan Alirkan Genangan Air dan Bersihkan Tanaman Liar

Tim Reaksi Cepat DPUPR Blora Dikerahkan Alirkan Genangan Air dan Bersihkan Tanaman Liar

Tim Reaksi Cepat DPUPR Blora Dikerahkan Alirkan Genangan Air dan Bersihkan Tanaman Liar

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) terus mengerahkan tim reaksi cepat untuk melakukan pembersihan tanaman liar dan mengalirkan genangan air di ruas atau bahu jalan serta di drainase yang terdapat sampah.  
Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya, MT, melalui Kepala UPTD Pengelolaan Jalan Jembatan dan Irigasi (PJJI) DPUPR Wilayah I, Karwi, S.Sos mengatakan setiap hari pihaknya mengerahkan tim reaksi cepat untuk memantau di lapangan dan segera melakukan eksekusi supaya air tidak terlalu lama menggenangi ruas atau bahu jalan.
Selain itu, pemmbersihan dengan pemotongan rumput atau tanaman liar terus digiatkan supaya tidak mengganggu pemandangan dan pengguna jalan.
“Setiap hari kami kerahkan tim untuk memantau dan melakukan aksi cepat tanggap. Kemarin dilakukan di seputar simpang empat Grojogan, airnya dialirkan ke sungai, ” kata Karwi, Rabu (2/3/2022).
Pihaknya juga mengimbau kepada warga masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar sungai Grojogan agar tidak membuang sampah di drainase sungai Grojogan.    
“Tidak bosan, selalu kita ingatkan, agar warga tidak buang sampah di sungai Grojogan. Mari kita jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya,” ucapnya.
Biasanya musim hujan seperti saat ini, memang sering terjadi genangan air, karena beberapa alasan seperti drainase kotor atau curah hujan tinggi melampaui kapasitas drainase bisa menyebabkan genangan air bahkan banjir.
"Maka dari itu, apabila melihat potensi seperti itu, tim langsung turun dan membuat saluran air lebih lancar atau membuat semacam tali air agar genangan air cepat surut,” katanya.
Meminimalisir terjadinya banjir, tim akan rutin melakukan patroli di musim penghujan dan berharap warga turut serta menjaga kebersihan lingkungan agar bisa mencegah terjadinya banjir.
Tingginya curah hujan tentu memiliki potensi bahaya banjir yang menjadi ancaman bagi lingkungan masyarakat yang berada di pemukiman.
"Jadi sangat perlunya kesadaran kita bersama dalam menciptakan lingkungan tetap bersih dan rapi, salah satunya dengan rutin membersihkan drainase, sehingga air bisa mengalir dengan lancar,” tuturnya.
Untuk diketahui, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora melalui UPTD Pengelolaan Jalan, Jembatan dan Irigasi (PJJI) Wilayah I, II, III dan IV melaksanakan giat pemeliharaan rutin jalan dan jembatan melalui pembersihan tanaman liar di sekitar bahu jalan dan perawatan rutin badan jalan melalui pengaliran air yang menggenang di lubang jalan di sepanjang jalan yang dilakukan pemeliharaan rutin. (Tim DPUPR).


Info