01 Maret 2022   07:57 WIB

Tergerus Air, Bidang Bina Marga DPUPR Blora Bangun Gorong-gorong Ruas Kunden-Tamanrejo

Tergerus Air, Bidang Bina Marga DPUPR Blora Bangun Gorong-gorong Ruas Kunden-Tamanrejo

Tergerus Air, Bidang Bina Marga DPUPR Blora Bangun Gorong-gorong Ruas Kunden-Tamanrejo

Blora - Dengan alokasi anggaran pemeliharaan rutin rekonstruksi jalan tahun 2022 sebesar Rp5.900.000.000,00. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora Bidang Bina Marga sudah mulai melaksanakan penanganan serta perbaikan pada sejumlah tempat.

Meski skalanya tidak begitu besar dibandingkan dengan nilai pembangunan jalan dan jembatan, namun sejumlah titik ruas jalan yang diperbaiki cukup vital.

Sebab, selain mencegah longsor juga kondisi fisik bangunan seperti gorong-gorong dan talud sudah saatnya diperbaiki karena tergerus air.
 
Saat ini dilakukan penanganan gorong-gorong ruas Kunden-Tamanrejo, ini kegiatan pemeliharaan rutin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Ir. Samgautama Karnajaya, M.T melalui Kepala Bidang Bina Marga DPUPR, Nidzamudin Al Hudda, ST., dan Fungsional Jalan Jembatan Ahli Muda  Wilayah II, Yudi Kristiawan, ST., menjelaskan penanganan antisipasi longsoran dan perbaikan gorong-gorong ruas Kunden-Tamanrejo
sudah dimulai 23 Februari 2022.

"Titik lokasi di lapangan golf ke barat sebelah timur jembatan Sukorejo,rusak akibat gerusan air," jelas Yudi, Selasa, (1/3/2022).

Pelaksanaan pekerjaan tersebut, dialokasikan dari anggaran pemeliharaan rutin tahun 2022.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati jika melintas di lokasi pekerjaan tersebut.

“Kami mohon maaf jika adanya perbaikan gorong-gorong di sejumlah tempat nantinya mengganggu kenyamanan berkendara dan kami upayakan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secepatnya agar dapat dilalui lalu lintas seperti semula,” ujarnya.

DPUPR Kabupaten Blora  berupaya seoptimal mungkin dalam melakukan kegiatan pemeliharaan rutin jalan, jembatan dan infrastruktur sumber daya air untuk menjamin semua infrastruktur jalan, jembatan dan sumber daya air tetap dapat berfungsi seperti kondisi semula.

Oleh karena itu peran partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam rangka memberikan masukan, saran dan informasi serta partisipasinya untuk ikut serta dalam memelihara infrastruktur jalan, jembatan dan prasarana sumber daya air yang ada di Kabupaten Blora.

Fungsional Jalan Jembatan Ahli Muda Wilayah II Bidang Bina Marga DPUPR,  Yudi Kristiawan, ST., menambahkan hingga saat ini perbaikan gorong-gorong jalan yang rusak dan talud jalan yang ambrol di lokasi setempat masih berlangsung.

Untuk diketahui, di tahun 2022, anggaran DPUPR untuk rekontruksi jalan sebesar Rp268.848.451.500,00 dan pemeliharaan rutin jalan Rp5.900.000.000,00. Jumlah tersebut untuk keseluruhan di Kabupaten Blora. (Tim).

 


Info