26 Februari 2022   09:40 WIB

Manfaatkan Halaman dan Lahan Kosong Agar Bisa Produktif

Manfaatkan Halaman dan Lahan Kosong Agar Bisa Produktif

Manfaatkan Halaman dan Lahan Kosong Agar Bisa Produktif


Kepala DPUPR Kab. Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, M.T., mengajak warga masyarakat dan generasi muda untuk memanfaatkan halaman atau lahan yang kosong agar bisa produktif baik ditanami buah atau bunga.

Hal itu disampaikan ketika menghadiri acara penghijauan lingkungan bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) DPUPR, Pipit Windri Aryati Samgautama Karnajaya, di Asrama Pancasila, Jl A.Yani Blora, Jumat (25/2/2022).

Bersama para siswa yang tinggal di asrama Pancasila serta para pendidik dan pengelola asrama menanam aneka pohon di lingkungan setempat. 

Suasana suka cita, mensugesti giat yang bertujuan untuk mendidik siswa mencintai lingkungan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Disamping itu juga untuk mendidik siswa bertanggung jawab atas pohon yang ditanam," jelas Samgautama Karnajaya.

Pihaknya juga berharap siswa penghuni asrama akan peduli terhadap kebersihan, keindahan dan kelestarian lingkungan terutama terhadap pepohonan.

"Kalau lingkungan bersih, indah, dan terjaga kelestariannya, tentu saja nyaman ditempati dan menyenangkan serta menyehatkan," terangnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DWP DPUPR Blora Pipit Windri Aryati Samgautama Karnajaya

Menurutnya, sikap mencintai lingkungan harus ditanamkan sejak dini. Agar nantinya terbiasa menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan hidup.

Mencintai lingkungan merupakan sikap yang mencerminkan rasa cinta atau sayang terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. 

"Orang yang memiliki sikap cinta lingkungan akan melakukan sesuatu demi menjaga lingkungannya," ungkapnya.

Sikap cinta lingkungan bisa diwujudkan lewat perbuatan atau aktivitas yang mendukung kelestarian, dan bukannya merusak lingkungan.

Dikatakannya, sikap ini hendaknya ditumbuhkan dalam diri setiap manusia dan diterapkan secara berkelanjutan.

Sementara itu bibit pohon yang ditanam pada Jumat menanam di asrama Pancasila di antaranya mahoni dan tabebuya. (Humas DPUPR).


Info