Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Sekretariat

Tugas :

menyiapkan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan program dan keuangan, umum dan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat dan organisasi serta pengoordinasian perencanaan dan pelaporan bidang di lingkungan Dinas

Fungsi:

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan bidang umum dan kepegawaian serta program dan keuangan;
  2. Pengelolaan, pelayanan program dan keuangan serta umum dan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas;
  3. Pengoordinasian pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan Dinas; dan
  4. Pelaksanaan fungsi kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Sub Bagian Program dan Keuangan

Tugas :

  1. Merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Subbagian Program dan Keuangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan dinas dengan menghimpun kegiatan dari masing-masing bidang untuk pelaksanaan kegiatan;
  5. Merancang pengelolaan sistem informasi manajemen bidang pekerjaan umum dan penataan ruang sebagai bahan informasi Dinas;
  6. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan dari masing-masing bidang untuk mengetahui mutu pelaksanaan kegiatan;
  7. Melaksanakan penyusunan rencana belanja dinas berdasarkan alokasi dana dalam dokumen pelaksanaan anggaran Perangkat Daerah guna terwujudnya tertib penggunaan anggaran;
  8. Melaksanakan penyusunan belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga, belanja transfer dan penerimaan sesuai petunjuk teknis kegiatan guna terwujudnya tertib anggaran;
  9. Melaksanakan pengelolaan keuangan, verifikasi, pembukuan dan akuntansi sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang telah ditentukan guna tertib administrasi;
  10. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  11. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  12. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan
    transparansi pelaksanaan tugas; dan
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Tugas :

  1. Merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Mengelola pelaksanaan surat menyurat dan kearsipan dinas dengan meneliti berikut kelengkapan surat untuk terwujudnya tertib administrasi
  5. Menyusun pelaksanaan perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan serta pelaporan sarana prasarana sesuai kebutuhan untuk mendukung kelancaran tugas;
  6. Menyusun pelaksanaan administrasi kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan guna tertib administrasi kepegawaian;
  7. Melaksanakan pelayanan urusan hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk kelancaran komunikasi dan informasi dinas;
  8. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier,
    pemberian penghargaan dan sanksi;
  9. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  10. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan
    transparansi pelaksanaan tugas; dan
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan
    perintah atasan.

Tugas dan Fungsi Bina Marga

Tugas :

Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan, pengelolaan kegiatan bidang pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan.

Fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan di bidang pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan;
  2. Pengelolaan dan penyelenggaraan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang;
  3. Pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan di bidang pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan; dan
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah
    atasan.

Subkoordinator Pembangunan Jalan dan Jembatan

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada pembangunan jalan dan jembatan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis pembangunan jalan dan jembatan sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Menyiapkan bahan untuk pemberian bimbingan penyuluhan serta pendidikan dan pelatihan kepada aparatur penyelenggara jalan dan jembatan;
  6. Menyusun bahan untuk memberikan rekomendasi, izin, dispensasi dan pertimbangan pemanfaatan ruang dan jalan;
  7. Melaksanakan pengembangan teknologi terapan di bidang jalan dan jembatan;
  8. Melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan;
  9. Melaksanakan identifikasi untuk mendapatkan data kerusakan jembatan dalam rangka penggantian jembatan;
  10. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  11. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan dan jembatan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  12. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan dan jembatan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subkoordinator Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis pemeliharaan jalan dan jembatan sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Menyusun bahan fasilitasi kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan;
  6. Melaksanakan persiapan bahan koordinasi pelaksanaaan kegiatan pemeliharaaan jalan dan jembatan dalam rangka menyusun rencana teknis kebinamargaan;
  7. Melaksanakan pemeliharaan jalan dan jembatan;
  8. Melaksanakan inventarisasi dan pendataan permasalahan dalam rangka pemeliharaan jalan dan jembatan;
  9. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  10. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  11. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Tugas dan Fungsi Sumber Daya Air

Tugas :

Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan Menyusun kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan, pengelolaan kegiatan di bidang pengelolaan sumber daya air.

Fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan di bidangpembangunan dan rehabilitasi, pemanfaatan dan kerjasama;
  2. Pengelolaan dan penyelenggaraan pembangunan dan rehabilitasi, pemanfaatan dan kerjasama untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang;
  3. Pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembangunan dan rehabilitasi, pemanfaatan dan kerjasama; dan
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subkoordinator Pembangunan dan Rehabilitasi

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan sumber daya air berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis sumber daya air sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Melaksanakan koordinasi kegiatan pembangunan dan rehabilitasi;
  6. Melaksanakan pengelolaan sumber daya air;
  7. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  8. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan dan rehabilitasi berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  9. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan
    rehabilitasi sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai
    wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subkoordinator Operasi dan Pemeliharaan

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan operasi pemeliharaan dan kerjasama berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis operasi pemeliharaan dan kerjasama sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Melaksanakan program/kegiatan pemanfaatan dan kerjasama;
  6. Menyusun standar operasional prosedur bidang sumber daya air;
  7. Menyusun materi kerjasama dan menyiapkan rekomendasi perizinan bidang sumber daya air;
  8. Melaksanakan pemberdayaan para pemilik kepentingan dan kelembagaaan dalam pengelolaan sumber daya air;
  9. Melaksanakan penyelenggaraaan sistem informasi sumber daya air;
  10. Melaksanakan pemberdayaan kelembagaaan sumber daya air;
  11. Memfasilitasi pembentukan wadah koordinasi sumber daya air;
  12. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  13. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan pemanfaatan dan kerjasama berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  14. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan pemanfaatan dan kerjasama sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Tugas dan Fungsi Tata Ruang

Tugas :

Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam melaksanakan penyiapan
perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan, pengelolaan kegiatan perencanaan, pembinaan, pemanfaatan, pengendalian dan pengawasan tata ruang.

Fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan di bidang perencanaan tata ruang dan pengawasan dan pengendalian;
  2. Pengelolaan dan penyelenggaraan di bidang perencanaan tata ruang dan pengawasan dan pengendalian untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang;
  3. Pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan di bidang perencanaan tata ruang dan pengawasan dan pengendalian; dan
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subkoordinator Perencanaan Tata Ruang

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan perencanaan tata ruang berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis perencanaan tata ruang sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Menyusun bahan fasilitasi kegiatan pembinaan dan perencanaan tata ruang;
  6. Menyusun bahan koordinasi dan verifikasi pelaksanaan kegiatan pembinaan dan perencanaan tata ruang;
  7. Melaksanakan inventarisasi dan pendataaan permasalahan bidang pembinaan dan perencanaan tata ruang;
  8. Menyusun bahan penetapan rencana tata ruang wilayah, daerah dan kawasan strategis;
  9. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  10. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan perencanaan tata ruang berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  11. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan perencanaan tata ruang sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subkoordinator Pemanfaatan dan Pengendalian Tata Ruang

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pemanfaatan dan pengendalian tata ruang berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis pemanfaatan dan pengendalian tata ruang sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Melaksanakan koordinasi program/kegiatan pengawasan dan pengendalian;
  6. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan penataan ruang;
  7. Memanfaatkan detail maupun rinci tata ruang sesuai perencanaan tata ruang;
  8. Menyusun bahan pemberian dan pembatalan rekomendasi izin tata ruang sesuai maupun tidak sesuai dengan ketentuan rencana tata ruang wilayah daerah;
  9. Menyusun bahan peraturan tentang tata ruang;
  10. Menyusun bahan rekomendasi dan bantuan terhadap perencanaan teknis instansi lain;
  11. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pengendalian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pengendalian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Tugas dan Fungsi Cipta Karya

Tugas :

Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan, pengelolaan kegiatan perumahan, permukiman kawasan strategis, penyehatan lingkungan dan air bersih.

Fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan perumahan, permukiman kawasan strategis, penyehatan lingkungan dan air bersih;
  2. Pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan perumahan, permukiman kawasan strategis, penyehatan lingkungan dan air bersih untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  3. Pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan perumahan, permukiman Kawasan strategis, penyehatan lingkungan dan air bersih; dan
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subkoordinator Permukiman Kawasan Strategis

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada permukiman kawasan strategis berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis permukiman Kawasan strategis sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Melaksanakan penerapan dan penyesuaian peraturan instrument pembiayaan permukiman dan drainase;
  6. Memfasilitasi bantuan teknis permukiman kawasan strategis dan drainase;
  7. Melaksanakan pengendalian dan evaluasi penyelenggaraan bidang cipta karya;
  8. Melaksanakan kebijakan teknis penyelenggaraan perumahan, strategi nasional perumahan, norma, standar, pedoman dan manual berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan;
  9. Melaksanakan bantuan pembangunan dan kelembagaan serta penyelenggaraan permukiman kawasan strategis dengan dana tugas perbantuan;
  10. Melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana utilitas bantuan pusat dan pembentukan kelembagaan permukiman kawasan strategis di daerah;
  11. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kebijakan pembangunan dan pengelolaan permukiman Kawasan strategis;
  12. Melaksanakan sosialisasi kebijakan strategi program dan norma, standar, pedoman dan manual pembangunan permukiman;
  13. Melaksanakan pengkajian kebijakan dan peraturan daerah yang terkait dengan pembangunan permukiman kawasan strategis dan drainase;
  14. Melaksanakan koordinasi dan melakukan kebijakan teknis drainase;
  15. Menyusun bahan dan melakukan survey, pendataan, dan inventarisiasi prasarana drainase;
  16. Melakukan penyelesaian masalah dan permasalahan operasional sistem drainase lintas kabupaten/kota;
  17. Menyusun bahan dan melakukan kajian dan penyusunan bahan petunjuk teknis pengelolaan drainase lintas kabupaten/kota;
  18. Melaksanakan koordinasi kegiatan pembangunan dan pemeliharaan prasarana dan sarana drainase;
  19. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  20. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan permukiman Kawasan startegis dan drainase berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  21. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan permukiman Kawasan startegis dan drainase sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan

Subkoordinator Penyehatan Lingkungan dan Air Bersih

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan penyehatan lingkungan dan air bersih berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis penyehatan lingkungan dan air bersih sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Menyusun bahan penetapan peraturan mengenai kebijakan dan strategi pengembangan air minum, pelayanan air minum berdasarkan norma, standar, prosedur, kriteria dan pelayanan minimal;
  6. Menyusun bahan rekomendasi izin penyelenggaraan sanitasi dan air limbah di daerah;
  7. Melaksanakan peningkatan kapasitas teknis dan manajemen pelayanan air minum di wilayah daerah termasuk badan pengusahaan pelayanan milik daerah;
  8. Melaksanakan pengembangan sistem penyediaan air minum di daerah untuk pemenuhan standar pelayanan minimal;
  9. Melaksanakan bimbingan teknis kepada desa/kelurahan, serta kelompok masyarakat dalam penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum;
  10. Melaksanakan penyediaan sarana air minum untuk daerah bencana dan daerah rawan air;
  11. Melaksanakan koordinasi dalam penanganan bencana alam di daerah;
  12. Memfasilitasi pembentukan lembaga tingkat Daerah sebagai penyelenggara prasarana dan sarana air limbah di wilayah Daerah;
  13. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan dunia usaha dan masyarakat dalam penyelenggaraan pengembangan prasarana dan sarana air limbah;
  14. Melaksanakan bimbingan teknis kepada desa/kelurahan, serta kelompok masyarakat dalam penyelenggaraan pengembangan prasarana dan sarana air limbah;
  15. Melaksanakan pembangunan prasarana dan sarana air limbah untuk daerah dalam rangka memenuhi standar pelayanan minimal;
  16. Menyusun bahan rekomendasi izin penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum di wilayah daerah;
  17. Melaksanakan pengelolaan dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Daerah;
  18. Melaksanakan pengelolaan limbah tinja;
  19. Membangun dan menyediakan sarana prasarana penanganan sampah dan pengolah lumpur tinja;
  20. Menyediakan sarana pengangkutan dan jasa penyedotan lumpur tinja;
  21. Melaksanakan pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik;
  22. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan penyehatan lingkungan dan air bersih program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  23. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan penyehatan lingkungan dan air bersih sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;
  24. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  25. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Tugas dan Fungsi Bangunan Gedung

Tugas :

Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pelaksanaan, pengelolaan bidang bangunan, lingkungan dan bina jasa konstruksi.

Fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada bangunan, lingkungan dan bina jasa konstruksi;
  2. Pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan pada bangunan, lingkungan dan bina jasa konstruksi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  3. Pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan pada bangunan, lingkungan dan bina jasa konstruksi; dan
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan

Subkoordinator Bangunan dan Lingkungan

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan bangunan dan lingkungan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis bangunan dan lingkungan sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Melaksanakan pendataan bangunan gedung dan bangunan umum;
  6. Melaksanakan penataan dan pemeliharaan bangunan dan lingkungan;
  7. Menyusun bahan penyusunan penetapan persyaratan administrasi dan teknis bangunan gedung adat, semi permanen, darurat dan gedung yang dibangun di lokasi bencana;
  8. Melaksanakan pembangunan dan pengelolaan bangunan gedung, rumah Negara dan bangunan umum yang menjadi aset Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya;
  9. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan, pedoman dan standar teknis dalam penyelenggaraan bangunan gedung dan bangunan umum;
  10. Melaksanakan pengawasan dan koordinasi penertiban pembangunan, pemanfaatan dan pembongkaran bangunan gedung dan bangunan umum;
  11. Memfasilitasi penyelesaian masalah pelayanan di bidang bangunan gedung;
  12. Menyusun bahan penetapan persyaratan administrasi dan teknis bangunan umum;
  13. Melaksanakan pengembangan pemberdayaan masyarakat dalam penyelenggaraan bangunan gedung dan bangunan umum;
  14. Menyusun bahan penetapan status bangunan umum yang dilindungi dan dilestarikan;
  15. Melaksanakan pengendalian dan koordinasi penertiban pelestarian bangunan gedung dan bangunan umum yang dilindungi dan dilestarikan;
  16. Memfasilitasi penyelesaian masalah pelayanan di bidang bangunan gedung dan bangunan umum;
  17. Memberikan pertimbangan teknis permohonan persetujuan bangunan gedung;
  18. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  19. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan program kerja bangunan agar sesuai dengan target hasil;
  20. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan bangunan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  21. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subkoordinator Bina Jasa Kontruksi

Tugas :

  1. Menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan bina jasa konstruksi berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  3. Meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  4. Menyusun bahan kebijakan teknis bina jasa konstruksi sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  5. Menyusun rencana kerja dan menyiapkan bahan pembinaan jasa konstruksi;
  6. Melaksanakan sistem informasi jasa konstruksi;
  7. Melaksanakan pengembangan dan peningkatan kapasitas badan usaha jasa konstruksi;
  8. Melaksanakan pengawasan tertib usaha, tertib penyelenggaraan dan tertib pemanfaatan jasa konstruksi;
  9. Melaksanakan pengembangan pasar dan kerjasama konstruksi
  10. Melaksanakan pembinaan dan penerbitan izin usaha jasa konstruksi nasional ( non kecil dan kecil ) di wilayah Daerah;
  11. Menyusun norma standar, prosedur, dan kriteria kejasama konstruksian;
  12. Menyebarluaskan peraturan dan penjaminan mutu pelaksanaan pembinaan jasa konstruksi;
  13. Melakukan pelatihan, bimtek, penyuluhan dalam pelaksanaan dan pemberdayaan jasa konstruksi;
  14. Melakukan pemantauan dan evaluasi pembinaan jasa konstruksi dalam hal pelaksanaan kegiatan pembinaan serta untuk terpenuhinya tertib penyelenggaraan jasa konstruksi;
  15. Melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  16. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan bina jasa konstruksi agar sesuai dengan target hasil;
  17. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan bina jasa konstruksi sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 


Info