Penataan Ruang

Bidang Penataan Ruang

Tugas:

melaksanakan  sebagian  tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis, serta melaksanakan perencanaan, pembinaan, pemanfaatan, pengendalian dan pengawasan tata ruang.

Fungsi:

  1. penyiapan bahan  perumusan  kebijakan  teknis,  pembinaan  dan pelaksanaan kegiatan   di   bidang   perencanaan   tata   ruang   dan pengawasan dan pengendalian;
  2. pengelolaan dan penyelenggaraan di bidang perencanaan tata ruang dan pengawasan dan pengendalian untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang;
  3. pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan di bidang perencanaan tata ruang dan pengawasan dan pengendalian;
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Seksi Perencanaan Tata Ruang

tugas:

  1. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Perencanaan Tata Ruang berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan  yang terkait dengan Seksi Perencanaan Tata Ruang;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa  dan  mengawasi  pelaksanaan  tugas  bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan  kebijakan  teknis  Seksi  Perencanaan  Tata  Ruang sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan  petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan bahan kebijakan teknis dan naskah  dinas  yang berkaitan dengan bidang tata ruang;
  7. menyiapkan bahan  fasilitasi  kegiatan  pembinaan  dan  perencanaan tata ruang;
  8. melaksanakan koordinasi dengan Subbagian, Seksi dan UPT di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang untuk mendapatkan masukan, informasi dan evaluasi permasalahan;
  9. melaksanakan persiapan bahan koordinasi dan verifikasi pelaksanaan kegiatan pembinaan dan perencanaan tata ruang;
  10. melaksanakan inventarisasi  dan  pendataaan  permasalahan  bidang pembinaan dan perencanaan tata ruang;
  11. menyiapkan bahan penyusunan dan penetapan rencana tata ruang wilayah, daerah dan kawasan strategis;
  12. melaksanakan penilaian  dan  prestasi  kerja  bawahan  berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  13. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Perencanaan Tata Ruang berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  14. membuat laporan  pelaksanaan  kegiatan  Seksi  Perencanaan  Tata Ruang sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;
  15. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Seksi Pengawasan Dan Pengendalian

Tugas:

  1. menyusun program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Pengawasan Dan Pengendalian berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan  yang terkait dengan Seksi Pengawasan Dan Pengendalian;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa               dan  mengawasi pelaksanaan  tugas  bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh  hasil  kerja  yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan  teknis    Seksi    Pengawasan Dan Pengendalian sesuai  dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. mengkoordinasikan pelaksanaan program/kegiatan pada Seksi Pengawasan Dan Pengendalian;
  7. melaksanakan koordinasi  dengan  Subbagian,  Seksi  dan  UPT  di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang untuk mendapatkan masukan, informasi dan evaluasi permasalahan;
  8. melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan penataan ruang;
  9. memanfaatkan detail maupun rinci tata ruang sesuai perencanaan tata ruang;
  10. menyiapkan bahan pemberian dan pembatalan rekomendasi izin tata ruang sesuai maupun tidak sesuai dengan ketentuan rencana tata ruang wilayah daerah;
  11. menyiapkan bahan penyusunan peraturan tentang tata ruang;
  12. menyiapkan bahan rekomendasi dan bantuan terhadap perencanaan teknis instansi lain;
  13. melaksanakan penilaian dan  prestasi  kerja  bawahan  berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  14. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Pengawasan Dan Pengendalian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  15. membuat laporan  pelaksanaan  kegiatan  Seksi  Pengawasan  Dan Pengendalian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  16. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.