Sekretariat

Tugas dan Fungsi Sekretariat

Tugas:

menyiapkan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan program dan   keuangan, umum dan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat dan organisasi serta pengkoordinasian perencanaan dan pelaporan bidang di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang.

Fungsi:

  1. penyiapan bahan   perumusan   kebijakan  teknis,  pembinaan dan pelaksanaan  di  bidang  program  dan  keuangan  serta  umum dan kepegawaian;
  2. pengelolaan, pelayanan  program  dan    keuangan  serta  umum  dan kepegawaian, serta hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang;
  3. pengkoordinasian pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Sub.bagian Program Dan Keuangan

Tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan di bidang program dan keuangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan  menelaah  peraturan    perundang-undangan  yang terkait dengan Subbagian Program Dan Keuangan;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan       tugasnya   berdasarkan   jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa  dan  mengawasi  pelaksanaan  tugas  bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh   hasil kerja yang optimal
  5. melaksanakan penyusunan    rencana  program  dan  kegiatan  dinas dengan menghimpun kegiatan   dari masing-masing bidang   untuk pelaksanaan kegiatan;
  6. merancang pengelolaan sistem informasi manajemen bidang pekerjaan umum dan penataan ruang sebagai bahan informasi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang;
  7. melaksanakan pemantauan  dan  evaluasi  kegiatan  dari  masing- masing bidang untuk mengetahui mutu pelaksanaan kegiatan;
  8. melaksanakan penyusunan rencana belanja dinas berdasarkan alokasi dana  dalam  dokumen  pelaksanaan  anggaran perangkat daerah guna terwujudnya tertib penggunaan anggaran;
  9. melaksanakan penyusunan belanja tidak langsung, belanja langsung dan penerimaan sesuai   petunjuk teknis kegiatan guna terwujudnya tertib anggaran;
  10. melaksanakan pengelolaan keuangan, verifikasi, pembukuan den akuntansi sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang telah ditentukan guna tertib administrasi;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan  kegiatan  Subbagian  Program  Dan Keuangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subbagian Umum Dan Kepegawaian

tugas:

  1. merencanakan dan  mengonsep  program  dan  rencana  kerja  serta rencana kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program  kerja  tahun  sebelumnya  sebagai  pedoman  kerja  agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan  yang terkait dengan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa  dan  mengawasi  pelaksanaan  tugas  bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. mengelola pelaksanaan surat menyurat dan kearsipan dinas dengan meneliti berikut kelengkapan surat untuk terwujudnya tertib administrasi;
  6. menyusun pelaksanaan perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan serta pelaporan sarana prasarana sesuai kebutuhan untuk mendukung kelancaran tugas;
  7. menyusun pelaksanaan administrasi kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna tertib administrasi kepegawaian;
  8. melaksanakan pelayanan urusan hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk kelancaran komunikasi dan informasi dinas;
  9. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  10. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  11. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.